Ini Dia 5 Cara Jitu Memulai Bisnis Online bagi Pemula

Dari tahun ke tahun, jual-beli online terus mengalami peningkatan dan berkembang pesat. Apa pun kini bisa dipasarkan secara online, baik melalui platform marketplace maupun ditawarkan melalui media sosial milik pribadi.

Barang ataupun jasa yang ditawarkan pun sangat beragam dengan persaingan harga yang terbilang cukup ketat. Tak heran jika banyak pelaku UMKM lebih suka mengenalkan produknya melalui media sosial karena biaya yang dikeluarkan cenderung lebih miring dengan jangkauan yang lebih luas.

Siapa pun dapat melakukan dan mengembangkan usahanya melalui bisnis online. Selain lebih praktis, juga bisa dilakukan dari mana saja dan kapan pun tanpa batasan waktu dan tempat.

Bisnis online ini pun juga sangat menguntungkan, baik untuk sekadar usaha sampingan maupun memang ditekuni secara serius. Asalkan dikelola dengan baik serta fokus pada tujuan, tak sulit untuk meraup keuntungan.

Masih bingung bagaimana caranya memulai bisnis online yang bisa mendatangkan profit? Ikuti tips berikut :

1. Fokuslah pada Satu Kategori

Sebelum mulai berbisnis online shopping, hal yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menentukan produk apa yang cocok untuk diperjualbelikan. Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang.

Lalu, pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan potensi pembeli antara usia 17-35 tahun.

Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda.

Usahakan untuk fokus dengan satu kategori agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan, sehingga pembeli bisa dengan mudah menemukan apa yang dicari dan butuhkan.

2. Pilih Supplier dengan Cermat

Ketika Anda sudah mendapatkan produk apa yang sesuai untuk dikembangkan sebagai dagangan, saatnya Anda mulai memilih dan mencari supplier.

Ada dua pilihan dalam bisnis online shopping untuk mendapatkan supplier, yakni dengan sistem reseller atau dropshipper.

Jika Anda memilih sistem reseller, biasanya Anda harus menyiapkan modal lebih dulu untuk menyediakan produk dagangan. Semakin besar toko online Anda dengan item produk yang banyak, akan makin banyak pula modal yang diperlukan. Namun, Anda dapat menjual langsung ke pelanggan dengan harga yang bisa di otak-atik sendiri.

Berbeda dengan reseller, sistem dropshipping ini hampir tak memerlukan modal, tapi hanya butuh paket data internet yang selalu online. Mengapa? Sebab semua produk yang Anda pajang akan disiapkan dan didukung supplier untuk ke tangan konsumen.

Jadi Anda hanya bertindak sebagai tenaga pemasaran dan ketika ada pelanggan yang berminat, supplier yang akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama Anda. Tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

3. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Tips selanjutnya yang juga tak kalah penting ketika ingin berbisnis online adalah dengan memberikan nomor kontak yang jelas. Mengapa penting? Sebab ini jalan untuk menghubungkan pelanggan dengan Anda ketika mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, pasang nomor kontak yang jelas dan pelanggan bisa terhubung langsung dengan Anda. Apakah dengan online chatting, instant messenger, media sosial, atau aplikasi khusus lainnya.

Ketika nomor kontak sudah tertera, berikanlah respons yang maksimal pada calon pelanggan. Jangan sampai mereka kabur hanya gara-gara Anda telat merespons. Tentu ini dapat merugikan bisnis yang sedang Anda bangun.

Jangan lupa juga untuk menyisipkan bagaimana cara pengiriman dan pembayarannya supaya calon pelanggan lebih percaya dan memudahkan dalam poses transaksi.

4. Mulai Lakukan Promosi

Ada banyak cara untuk mengenalkan toko online Anda, mulai dari media sosial hingga platform khusus online shopping. Misalnya, Facebook, Instagram, ataupun marketplace lainnya.

Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon pelanggan. Pengenalan merek produk/jasa yang bagus dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon pelanggan penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli apa yang Anda tawarkan.

5. Lakukan Inovasi

Saat bisnis online yang Anda jalankan mulai berkembang seiring banyaknya order dari pelangan, pertimbangkan untuk mulai berinovasi dan melakukan pengembangan yang lebih inovatif lagi.

Coba bangun website dengan menggunakan domain resmi dan tampilan yang profesional supaya membangun kepercayaan calon pelanggan. Jangan lupa pula untuk menanamkan fitur-fitur penting agar lebih mudah diakes siapa pun.

Contohnya adalah menyediakan fasilitas pembayaran online dengan berbagai macam kartu debit atau kartu kredit. Sebab semua orang yang mampir berpotensi sebagai calon pelanggan yang akan mendatangkan keuntungan dan memiliki kecenderungan membayar transaksinya berbeda-beda.

Inovasi dan Kreativitas Kunci Utama Sukses Berbisnis Online

Melakukan riset tentang produk atau pelanggan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan apa saja produk yang lebih populer dan diminati ketika ingin memulai bisnis online.

Namun, yang tak kalah penting juga adalah meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan dan mengembangkannya. Sebab berbisnis online sangatlah unik dan menarik. Karena itu, jangan berkecil hati meskipun Anda masih pemain baru. Tingkatkan kreativitas dan inovasi agar mampu bersaing.

(Liputan6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: