Fakta dan Kebenaran dari Narkoba Ini Agar Tidak Salah Langkah

Beberapa waktu lalu, publik kembali dihebohkan dengan narkoba yang sekali lagi menjangkiti kalangan selebritis Indonesia. Iwa Kusuma, seorang penyanyi rap, ditangkap petugas di terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta setelah ditemukannya tiga linting ganja dalam bungkus rokok. Selain itu, baru-baru ini tersiar kabar beredarnya narkoba jenis baru yang memiliki efek halusinasi yang tinggi bernama Flakka.

Nah, untuk membuat kita semakin waspada akan keberadaan barang haram ini, mari ketahui fakta-fakta tentang narkoba berikut.

1. Jumlah yang Cukup Fantastis

Perlu kita ketahui pada setiap tahunnya jumlah pengguna narkoba ini semakin meningkat. Bahkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tahun 2015, orang-orang yang menggunakan narkoba menyentuh angka 5.9 juta jiwa. Narkoba nyatanya bisa menyerang siapa saja tidak peduli dari mana asalmu, seberapa banyak uangmu, atau apa agamamu. Orang yang tidak memiliki benteng bisa terjerat narkoba sewaktu-waktu. Jika diibaratkan, narkoba layaknya virus mematikan yang tak bisa ditawar. Bukan tidak mungkin, separuh penduduk negeri ini bisa terjangkit narkoba nantinya.

2. Usia dan Tingkat Pendidikan di Kalangan Muda

Bukan hanya orang dewasa yang bisa menggunakan narkoba. Kenyataannya, data Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tahun 2014 menunjukkan jika 22% pengguna narkoba di Indonesia adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Miris bukan? Generasi penerus bangsa yang seharusnya membawa perubahan justru turut terjerumus dalam jalan kegelapan ini.

3. Indonesia Sebagai Pasar Peredaran

Bukan hanya sebagai pengguna dan penyalahguna, di Indonesia juga merupakan surga bagi pengedar narkoba. Hal ini dikarenakan, selain pengguna yang cukup banyak, wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan justru memudahkan para pengedar untuk memasukkan barang haram ini. Penyelundupan melalui pelabuhan

4. Narkoba Sebagai Bisnis Menjanjikan

Bukan rahasia lagi jika narkoba menjadi bisnis yang mampu menarik minat banyak orang dari berbagai kalangan. Jangan kaget, guys! Karena untuk jenis sabu misalnya, harga jual per kilogramnya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Jadi jangan heran juga ya, kalau di semua kasus kebanyakan barang bukti yang ditemukan dalam satuan gram. Harganya selangit!

5. Efek Penggunaan Narkoba

Kebanyakan para pengguna akan mendapatkan ‘rasa dan sensasi’ yang mereka inginkan dengan menggunakan narkoba. Tapi itu hanya pada awalnya saja loh, karena kenyataannya penggunaan narkoba dalam jangka panjang justru mengarahkan pada kerusakan organ-organ tubuh, depresi, gangguan pernafasan dan daya ingat, dan yang paling parah yaitu kematian.

6. Narkoba dan Kematian

Berbicara tentang kematian, Pada Maret 2016 lalu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso menyatakan bahwa 40 hingga 50 orang Indonesia meninggal per harinya karena narkoba ini.

Jadi, masih mau deket-deket sama narkoba?

(idntimes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: