15 Cara Menghilangkan Rasa Minder dalam Diri

Seseorang yang minder melihat dirinya sebagai tidak layak, tidak berharga, tidak diterima, tidak dicintai, atau tidak kompeten. Perasaan – perasaan ini menciptakan image negatif dan pikiran yang kritis terhadap diri sendiri yang akan mempengaruhi tingkah laku serta pilihan – pilihan yang dibuat dalam hidup, yang seringkali akan menurunkan tingkat keyakinan diri menjadi semakin rendah. Perlu dilakukan langkah – langkah untuk mengatasinya, seperti berikut ini:

1. Merawat Diri Sendiri

Terkadang kepercayaan diri dapat tumbuh berkat penampilan diri yang prima. Merawat diri sendiri dapat membuat seseorang memiliki keyakinan diri yang meningkat karena mengetahui bahwa penampilannya layak dilihat. Sungguh luar biasa bagaimana ketelatenan merawat diri dengan mandi, bercukur dan menjaga kebersihan diri agar selalu rapi, bersih dan wangi dapat membuat Anda melupakan rasa minder.

2. Menerima Diri Sendiri

Penting untuk dapat menerima diri sendiri apa adanya agar tidak terjerumus kepada rasa minder. Anda tidak dapat mengharapkan untuk memiliki penampilan yang sama dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing baik dalam hal fisik maupun sifat dan mental, hanya saja kekurangan tersebut tidak selalu terlihat oleh orang lain. Menerima diri sendiri termasuk mensyukuri apa yang dimiliki beserta segala kekurangan dan kelebihan akan mencegah Anda dari merasa minder.

3. Introspeksi Diri

Seseorang merasa minder karena tidak menyadari potensi dirinya sendiri dan hanya merasakan bahwa dirinya memiliki kekurangan. Upayakan untuk mengetahui apa saja potensi diri Anda yang dapat dikembangkan sambil berusaha emperbaiki kekurangan diri agar dapat menghilangkan rasa minder. Kenalilah 4 karakter manusia untuk dapat mencocokkannya dengan diri Anda, apakah misalnya Anda termasuk kepada tipe kepribadian melankolis atau tipe karakter phlegmatis, memiliki kepribadian ambivert atau lainnya.

4. Memperbaiki Penampilan

Selain penampilan yang terawat, masih ada aspek lain yang perlu dibenahi yaitu seperti busana dan tata rias Anda. Ubahlah cara berpakaian menjadi lebih mengikuti zaman, begitu pula dengan gaya rambut, pemilihan aksesoris, dan pemakaian make up bagi wanita. Memperbanyak mencari info mengenai penampilan yang menarik dapat membantu sebagai referensi Anda. Padu padankan busana dan aksesori yang dimiliki untuk menciptakan kesan baru dan segar bagi penampilan.

5. Menghargai Pencapaian Diri

Berilah penghargaan pada diri sendiri dengan mensyukuri pencapaian yang Anda buat, sekecil apapun itu. Anda patut bersyukur atas suatu pencapaian, karena setiap hal yang kita capai sebenarnya sangat berarti terutama jika hal itu terwujud berkat kerja keras diri sendiri. Beri hadiah bagi diri Anda setiap kali berhasil menaklukkan godaan untuk bersikap minder agar dapat menjadi suatu motivasi. Tentu saja tidak perlu menghamburkan biaya untuk itu, Anda dapat mengandalkan kreativitas untuk menyenangkan diri sendiri.

6. Cari Dukungan

Anda tidak dapat menghilangkan rasa minder tanpa dukungan atau bantuan dari orang lain yang mengerti permasalahan Anda. Jika lingkungan sekitar masih tetap membuat Anda tidak percaya diri, atau justru menjadi sumber dari semua perasaan minder Anda. Maka carilah teman yang akan memberikan dukungannya kepada Anda. Jauhi lingkungan yang hanya akan membuat Anda terpuruk lebih dalam kepada rasa minder atau bergaul dengan orang – orang yang tidak memperdulikan diri Anda. Pilihlah teman yang akan membantu meningkatkan semangat Anda untuk memupuk rasa percaya diri.

7. Meningkatkan Pengetahuan

Pengetahuan adalah kekuatan, karena itulah sangat penting untuk menyerap berbagai informasi yang berguna sebaik – baiknya untuk mengasah ketajaman berpikir Anda. Pengetahuan dapat memperluas wawasan seseorang ke tingkat yang lebih tinggi, meningkatkan kemampuan diri dalam berbagai bidang dan juga menjadi sarana untuk menjadi lebih percaya diri pada pergaulan sosial, karir, dan pendidikan. Pengetahuan juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas kepribadian seseorang. Ada juga beberapa teori dalam psikologi yang bisa Anda ketahui mengenai kepribadian, yaitu teori psikologi kepribadian, teori big five personality, dan juga ada beberapa tahap perkembangan kepribadian.

8. Berpikir dan Bertindak Positif

Tidak cukup hanya selalu berpikir positif dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif, pikiran yang positif juga harus diikuti dengan tindakan yang positif pula. Mewujudkan tindakan yang positif dalam kehidupan sehari – hari akan sangat berpengaruh kepada peningkatan rasa percaya diri seseorang. Usahakan untuk meminimalkan kebiasaan berpikir negatif agar tidak melemahkan semangat Anda untuk meningkatkan rasa percaya diri. Ketahuilah juga beberapa teori dalam psikologi yaitu teori belajar kognitif dan teori belajar humanistik.

9. Perbanyak Gerak Tubuh

Gerak tubuh berhubungan erat dengan kelancaran peredaran darah, yang akan memberi energi bagi seseorang untuk menjalani kegiatannya sehari – hari. Jika Anda memiliki tubuh yang sehat sebagai hasil dari memperbanyak gerakan tubuh, maka bisa saja Anda akan memiliki pikiran yang jernih juga, dan tidak mudah untuk berputus asa atau berpikir buruk tentang diri sendiri yang dapat membuat Anda menjadi minder. Bergabung dalam suatu klub olahraga contohnya, akan menjadi cara mudah bergaul bagi orang pendiam.

10. Kenali Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri lebih sulit daripada mengenali orang lain dan dapat membuat Anda lebih paham tentang potensi diri sendiri, karena itu Anda tidak akan mudah merasa putus asa atau minder. Jika Anda mengenali apa yang dibutuhkan oleh diri sendiri, maka Anda dapat berusaha untuk mencari dan memenuhi hal – hal tersebut. Anda dapat mencari cara menjadi pribadi yang menyenangkan apabila dapat mengenali diri sendiri.

11. Berbuat Baik

Menghilangkan rasa minder juga dapat dilakukan dengan selalu berusaha untuk berbuat baik. Jika ada kesadaran diri bahwa kita mampu berbuat baik kepada orang lain dan melakukan banyak hal positif dalam hidup, secara otomatis hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri dan keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. Perasaan bahwa diri bisa berguna bagi orang lain akan menjadi cara meningkatkan rasa percaya diri dan menghindarkan dari rasa minder.

12. Tetapkan Prinsip Hidup

Kepercayaan diri juga dapat didukung dengan prinsip hidup yang Anda pegang. Dengan memiliki prinsip hidup yang kuaat dan tidak tergoyahkan, Anda juga memiliki tujuan hidup dan dapat mengetahui arah yang harus dituju dalam kehidupan ini sehingga tidak akan mudah merasa minder. Anda dapat mengetahui cara membahagiakan diri sendiri dengan memegang prinsip hidup tersebut.

13. Perbaiki Postur Tubuh

Tidak hanya memperbaiki mental namun penampilan fisik juga harus diperhatikan agar dapat menghilangkan rasa minder. Postur tubuh Anda akan menunjukkan seberapa besar tingkat percaya diri yang dirasakan, maka jika Anda terbiasa berdiri tegak dan berjalan dengan langkah yang tegap dan pasti, hal itu juga akan mendukung untuk menaikkan kepercayaan diri anda. Sebaliknya jika terbiasa berjalan bungkuk dan berdiri dengan lesu, akan sulit untuk menghilangkan rasa minder yang dirasakan.

14. Temukan Kelebihan Diri

Jika sudah dapat mengenali berbagai hal tentang diri sendiri, seseorang akan dapat menemukan kelebihan diri yang dia miliki diantara kekurangannya. Usahakan untuk memaksimalkan kelebihan diri yang dimiliki agar dapat menghilangkan rasa minder. Dengan menyadari berbagai kelebihan yang dimiliki juga dapat menjadi cara mencintai diri sendiri sepenuhnya.

15. Bersikap Aktif

Jangan hanya menunggu orang lain untuk melakukan sesuatu hal, Anda juga dapat bersikap lebih aktif daripada biasanya. Menunggu tindakan orang lain ada kalanya akan membuat diri merasa tidak memiliki kemampuan apa – apa, padahal sebenarnya tidak begitu kenyataannya. Cara merubah diri menjadi lebih baik dengan bersikap lebih aktif untuk mengambil suatu langkah dapat mendongkrak rasa percaya diri.

Kepercayaan diri yang rendah merupakan sesuatu perasaan yang berbahaya, karena hal ini akan mempengaruhi bagaimana seseorang menjalani hidup serta bagaimana pandangannya terhadap posisinya dalam masyarakat dan juga keluarga. Merasa minder akan membuat seseorang enggan menjalani kehidupannya dengan baik, dan selalu menarik diri dari kehidupan sosial, mengikis semangat hidup dan pada akhirnya akan menghancurkan diri sendiri. Usahakanlah untuk selalu menumbuhkan rasa percaya diri agar terhindar dari rasa minder yang akan melemahkan kepribadian Anda.

Sumber : dosenpsikologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: