5 Cara Efektif untuk Menghilangkan Dendam

Dalam hidup ini, tentu tidak hanya peristiwa bahagia dan menyenangkan saja yang kita alami. Ada kalanya kita mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti disakiti atau dikhianati misalnya. Nah, tak jarang ketika mengalami hal itu kita menyimpan rasa benci, marah, dan dendam akibat perbuatan orang lain.

Masalahnya, kita semua tahu bahwa menyimpan dendam bukanlah hal yang baik dan bila dipendam dalam jangka waktu yang lama maka kemungkinan besar hanya akan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Gak mudah memang, namun setidaknya ada 5 cara efektif yang mudah-mudahan bisa membantumu melepaskan diri dari rasa dendam yang membelenggu. Yuk kita simak!

Pertama, ingat kembali momen-momen bahagia dalam hidupmu

Rasa dendam bisa menjauhkan kita dari kebahagiaan hati dan ujung-ujungnya hanya akan membuat kita lelah batin. Nah, cara pertama agar tidak terlalu terlarut dalam kebencian dan sakit hati yang kamu rasakan adalah dengan mengingat-ingat momen-momen paling membahagiakan dalam hidupmu.

Ingat dan sadarilah bahwa selain ada orang-orang yang membuatmu kecewa dan marah masih ada kok orang-orang baik yang selalu ada disekelilingmu. Jadi, sebaiknya konsentrasikan seluruh pikiran dan perasaanmu pada hal-hal positif ya. Setidaknya, hal ini bisa membantumu agar mampu menetralisir diri dari pengaruh perasaan buruk dan keinginan untuk balas dendam. Setuju?

Alihkan rasa dendam yang kamu rasakan dengan melakukan hal-hal positif

Seperti pada poin pertama, hal awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan terlebih dahulu mengalihkan diri dari rasa dendam yang kamu simpan, seperti melakukan hal-hal positif. Hal-hal positif seperti apa? Ada banyak, namun yang paling sederhana adalah dengan mencari kesibukan positif dan menekuni hobi yang kamu suka.

Pada dasarnya, emosi manusia memang sebaiknya disalurkan dan diekspresikan ya dengan catatan melalui kegiatan yang positif. Jadi, pertama-tama salurkan dulu emosi marah dan rasa dendam yang kamu simpan dengan melakukan hal positif.

Menyadari bahwa orang yang menyakitimu hanyalah manusia biasa

Nah, setelah menyimak dan menjalani kedua poin di atas dengan baik maka sudah saatnya kamu perlu merenungkan dendam-dendam yang selama ini kamu pendam dan simpan. Sadarilah bahwa orang-orang yang menyakitimu hanyalah manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan.

Begitu juga kamu, mungkin sadar tidak sadar kamu juga pernah menyakiti orang lain sehingga orang yang kamu sakiti menyimpan rasa dendam terhadapmu. Tentu kamu gak mau bukan? Jadi, setelah mengalihkan diri dari rasa dendam maka langkah tepat yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah dengan menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna tanpa kesalahan.

Ingat, memaafkan orang yang menyakitimu adalah demi kebaikanmu sendiri bukan untuk orang lain

Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu cara terbaik untuk melepaskan diri dari belenggu dendam yang terikat erat di hatimu adalah dengan memaafkan orang tersebut. Tapi, pastinya hal itu tidak akan menjadi perkara yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang yang sudah memaafkan di bibir, tapi belum memaafkan di lubuk hatinya yang terdalam.

Wajar-wajar saja dan manusiawi banget kok apabila kita tidak mudah dan segampang itu memaafkan orang lain. Perlu waktu memang, tapi kalau sudah saatnya alangkah baiknya kalau kamu bisa betul-betul memaafkan orang yang menyakitimu. Toh, memaafkan orang tersebut bukan demi diri mereka melainkan untuk kebahagiaan dan kebaikanmu dirimu sendiri. Agar nantinya, kamu dapat melanjutkan hidupmu dengan baik tanpa rasa dendam yang membelenggu.

Curhat dan konsultasikan pada orang yang tepat

Sebenarnya, keempat poin di atas kemungkinan besar sudah cukup efektif untuk melepaskan diri dari dendam yang kamu rasakan asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Tapi, belum tentu mudah bagimu untuk menjalankannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Nah, disinilah peran orang-orang terdekat yang kamu pilih dan yakini bisa menuntunmu ke arah yang lebih baik lagi. Kamu bisa curhat, konsultasikan dan lihat bagaimana tanggapan mereka serta jangan lupa cari solusi untuk membebaskan diri dari dendam yang selama ini kamu simpan.

Jadi, itulah kelima poin di atas yang semoga saja dapat membantumu untuk melepaskan diri dari rasa dendam yang membelenggu. Semoga bermanfaat ya!

Oleh : Frederick K 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: