7 Cara Memotivasi Orang Lain Bahkan Bisa Anda Lakukan

Jika saya adalah pahlawan super, saya ingin kekuatan super saya menjadi kemampuan untuk memotivasi semua orang di sekitar saya. Pikirkan berapa banyak masalah yang bisa Anda selesaikan hanya dengan bisa memotivasi orang menuju tujuan mereka. Anda tidak akan frustrasi oleh rekan kerja yang malas. Anda tidak akan marah pada pasangan Anda karena membuang akhir pekan di depan TV. Selain itu, semakin banyak orang di sekitar Anda termotivasi untuk mewujudkan impian mereka, semakin Anda bisa memanfaatkan kesuksesan mereka.

Mampu memotivasi orang adalah kunci kesuksesan Anda di tempat kerja, di rumah, dan di masa depan karena tidak ada yang bisa meraih apapun sendirian. Kita semua butuh bantuan orang lain. Jadi, berikut tujuh cara untuk memotivasi orang lain bahkan bisa Anda lakukan.

Dengarkan

Kebanyakan orang mulai mencoba memotivasi seseorang dengan memberi mereka pidato yang panjang, tapi ini jarang berhasil karena motivasi harus dimulai dari orang lain. Cara terbaik untuk memotivasi orang lain adalah memulai dengan mendengarkan apa yang ingin mereka lakukan. Cari tahu apa tujuan dan impian orang tersebut. Jika itu adalah sesuatu yang ingin Anda dorong, maka lanjutkan melalui langkah-langkah ini.

Ajukan pertanyaan terbuka

Pertanyaan terbuka adalah cara terbaik untuk mengetahui impian seseorang. Jika Anda tidak dapat memikirkan apapun untuk ditanyakan, mulailah dengan, “Apa yang selalu ingin Anda lakukan?”Mengapa Anda ingin melakukan itu?”
“Mengapa Anda ingin melakukan itu”?
“Apa yang membuatmu begitu bersemangat?”
“Sudah berapa lama mimpimu?”
“Anda membutuhkan informasi ini untuk membantu Anda dengan langkah-langkah berikut.”

Doronglah

Inilah langkah terpenting, karena memulai mimpi itu menyeramkan. Orang-orang begitu takut mereka akan gagal atau terlihat bodoh, banyak yang tidak pernah mencoba mencapai tujuan mereka, jadi di sinilah Anda masuk. Anda harus mendorong mereka. Katakan hal-hal seperti, “Saya pikir Anda akan hebat dalam hal itu.” Lebih baik lagi, katakanlah, “Saya rasa keahlian Anda di X akan membantu Anda sukses.” Misalnya jika Anda memiliki teman yang ingin memiliki toko hewan peliharaan, katakanlah, “Anda sangat hebat dengan binatang, saya pikir Anda akan sangat hebat dalam menjalankan toko hewan peliharaan.

Tanyakan tentang apa langkah pertama yang akan dilakukan

Setelah Anda mendorong mereka, temukan bagaimana mereka akan mulai. Jika mereka tidak tahu, Anda bisa memberi saran, tapi lebih baik membiarkan orang tersebut mengetahui langkah pertama mereka sendiri sehingga mereka dapat berkomitmen terhadap proses tersebut.

Mimpi

Ini adalah langkah yang paling menyenangkan, karena Anda bisa bermimpi tentang kesuksesan. Katakanlah hal-hal seperti, “Tidakkah akan lebih keren jika bisnis Anda lepas landas, dan Anda tidak perlu bekerja di pekerjaan yang Anda benci?” Dengan membiarkan orang lain bermimpi, Anda memperkuat motivasi dan menghubungkan impian mereka dengan realitas masa depan

Tanyakan bagaimana Anda bisa membantu.

Sebagian besar waktu, orang lain tidak membutuhkan apapun dari Anda, tapi selalu bagus untuk ditawarkan. Biarkan orang tahu Anda ada di sana akan membantu memotivasi mereka untuk memulai. Dan, siapa tahu, mungkin kemampuan Anda bisa membantu.

Tindak lanjuti

Secara berkala, sepanjang tahun depan, tanyakan bagaimana tujuan mereka berjalan. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui kemajuan apa yang telah dibuat. Anda mungkin perlu melakukan tujuh langkah lagi, atau mungkin mereka memerlukan motivasi di bidang kehidupan mereka yang lain.

Sumber : iqbalhabibi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: