9 Cara Menjadi Orang Kreatif

Menjadi orang kreatif dengan berjuta ide bukan hal mudah. Apalagi jika menjadi orang kreatif adalah bagian dari pekerjaan. Diane Von Fustenberg, ikon desainer fesyen yang juga memimpin sejumlah perusahaan termasuk orang yang kelihatannya selalu menemukan ide baru untuk produknya.

Padahal faktanya seperti dikutip dari eonline, bintang reality show House of DVF itu membuktikan dia tak selamanya sukses di dunia fesyen. Hanya saja dia memang sesekali punya sesuatu untuk melarikan diri dari kejenuhan. Yakni dengan hobinya traveling, membaca dan banyak lagi.

Ingin mencoba cara-cara Diane mengail ide? Berikut di antaranya:

1. Traveling
Traveling atau berwisata adalah cara cepat mengail ide. Dikelilingi oleh lingkungan dan orang-orang baru, mengguyur panca indra dengan pengalaman baru, biasanya tak pernah gagal memanggil sang ide cemerlang hadir.

2. Musik
Ada yang bilang musik klasik bisa merangsang bayi untuk jadi lebih cerdas. Jadi kenapa tak mungkin mengasah kreativitas orang dewasa pula  dengan musik. Tentu saja tak harus klasik. Perluas pengalaman baru dengan keberanian menjajal genre berbeda.

3. Mencoba hal-hal baru
Setiap manusia punya kecenderungan untuk terjebak rutinitas. Akibatnya kebosananpun menyergap. Cari jalan keluar dari rutinitas dengan mencoba hal-hal baru. Misalnya mencoba kelas memasak, menjajal olah raga baru, bahkan menjajal penampilan baru.

4.  Membaca
Tak hanya dikenal sebagai perancang, Diane juga  menerbitkan buku dan gemar membaca. Membaca adalah cara luar biasa untuk pelarian mental. Plus, cara kita mempelajari sesuatu atau dua hal baru sekaligus.

5. Bersosialisasi
Temui teman-teman atau orang-orang baru, bergaulah. Jadilah bagian dari dunia, bersenang-senang bersama manusia lain. Cara ini akan memperdalam makna kehidupan dengan cara yang menyenangkan. Inspirasi yang muncul nantinya bukan hanya untuk Anda tapi juga untuk mereka, orang-orang yang bergaul dengan Anda.

6. Bersantai
Dalam dunia ini yang bergerak cepat, ada kalanya yang kita butuhkan waktu untuk diri sendiri dan bersantai. Bermeditasi, yoga, melarikan diri dari keseharian tanpa memberi tahu orang lain Anda sedang dimana. Saat terlepas dari stres dan tidak berpikir keras, biasanya adalah waktu terbaik untuk banyak ide muncul.

7. Tantang diri sendiri
Tantang otak Anda untuk hal-hal, ide dan juga metode baru. Secara konstan coba aktivitas  yang  mendorong Anda keluar dari zona nyaman. Ketika Anda berhasil mengatasi tantangan itu Anda akan merasakan perasaan lebih berdaya dan bangga mengatakan, “Ternyata saya bisa.”

8. Mengkhayal
Tak masalah sesekali mencoba keluar dari kenyataan dan membiarkan imajinasi berkelana liar. Otak kitapun perlu istirahat  dan melarikan diri ke dunia fantasi atau kemanapun Anda ingin. Anggap saja ini sebagai liburan mental.

9. Catat dalam buku harian
Seringkali ide datang tiba-tiba dan menghilang terlupakan ketika kita disibukkan oleh kegiatan lain. Jadi jangan tunggu hingga ide itu hilang, bawa catatan kecil selalu untuk mencatat manakala sang ide datang. Mencatat ide yang muncul juga memberi kesempatan untuk Anda merefleksikan kembali nantinya. Siapa tahu itu nantinya akan menjadi puisi yang indah, lagu, novel, bahkan sesuatu yang lebih besar.

Sumber : CNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: