Mari Bersama, Sehat dengan Yoga di Sanggar YPI

Ini bukan mau ngomongin seseorang yang bernama Yoga loh. Sebenarnya sih saya juga bingung yoga itu apa. Kalau yoga merupakan kategori olahraga, kok nggak ada cabang nya dalam olimpiade dunia? Kalau hanya di anggap aktivitas spiritual, mengapakah keringat bercucuran saat melakukan latihan yoga? Kalau tujuan yoga hanya untuk fleksibilitas, para atlet gymnastic jauh lebih menguasai. Kalau tujuannya supaya “sixpacks”, pergi ke gym jauh lebih “menghasilkan”.

So, whatever! Ga perlu pusing memikirkan apakah yoga ini olahraga atau bukan. Kalau kata si Nike, “Just Do It!”

Mari Bersama, Sehat dengan Yoga di Sanggar YPI

“If you practiced properly, yoga will help your sport and will help everything you do in your life”

Di Indonesia, yoga juga semakin banyak diminati. Terlihat dari banyaknya komunitas yoga yang kian menjamur. Sejalan dengan tingginya peminat, wadah melakukan olahraga ini juga semakin banyak dengan pilihan tempat dan bentuk yang bervariasi. Salah satunya ada di Sanggar Yayasan Pelita Ilmu yang beralamat di jalan Kebon Baru IV no.16 JakSel.

Yayasan Pelita Ilmu yang merupakan “sodara”nya Pelita Desa, mulai Maret 2016 yang lalu, atas prakarsanya mba Very, rutin melakukan kegiatan yoga bersama, setiap hari Rabu sore.

Menurut mba Very, alasan dasar mengapa memilih yoga daripada olahraga yang lainnya, karena :

1. Yoga merupakan olahraga kaya manfaat namun dengan gerakan yang sederhana.

2. Yoga merupakan cara yang baik untuk menerapkan hidup sehat, tidak hanya sehat fisik, tetapi juga sehat mental dan pikiran.

3. Yoga bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

4. Yoga bisa dilakukan di sela-sela kegiatan, misalnya di saat santai, saat sedang rebahan, bahkan saat sedang masak.

Awalnya, Yoga di sanggar YPI ini khusus diperuntukkan odha ypi, supaya sehat, berstamina dan berenergi. Namun ternyata para staff dan relawan YPI juga berminat. Alhasil saat ini, yoga di sanggar YPI terbuka untuk siapa saja. Tidak ada tarif khusus kok supaya bisa ikutan yoga di sanggar YPI. Hanya saja, di setiap pertemuan, peserta menyisihkan serupiah dua rupiah (intinya, terserah berapapun juga) untuk keperluan yoga mendatang. Misalnya untuk beli matrass atau baju untuk yoga atau untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut yoga.

Ngga mentang-mentang tidak ada tarif khusus, lantas instruktur yoga nya tidak kompeten loh yaaa! Instruktur yoga di sanggar YPI ini dari “Yoga Organik”, pelatih yang sudah bersertifikat. Instrukturnya biasanya berganti-ganti di setiap jadwal pertemuan. Namun instruktur tetap nya juga masih setia menemani kok.

Bagi yang baru mau ikutan, tidak perlu khawatir, merasa akan jauh tertinggal dari teman-teman yang sudah ikutan dari tahun 2016. Karena instruktur di YPI selalu mengakomodasi para pemula di setiap pertemuan.

So, what u’re waiting for..

Yuk cobain olahraga yang sederhana ini…Apalagi kalau mau menambah keseruan, yoga bersama di sanggar YPI

Mudah-mudahan sih, tulisan ini bisa menginspirasi teman – teman, terutama yang selama ini selalu merasa tidak sempat berolahraga supaya sehat, mengingat kesehatan itu sangat penting dan sangat mahal. Dan juga, bahwa sehat itu bukan cuma sehat fisik melainkan juga sehat mental, hati dan pikiran.

Oleh : Gina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: