Mengatasi Kecanduan Narkoba Secara Alamiah

Narkoba telah bukan hal asing lagi bagi kita. Banyak orang telah mengetahui seberapa buruk efeknya untuk kesehatan walau masih ada juga yang terjerumus dan kecanduan. Kehilangan memori, mengalami gangguan otak dan jantung, memiliki sikap seperti orang sinting, lebih kasar. Itulah rangkaian imbas yang pada umumnya dialami oleh para pengonsumsi dan pecandu obat-obatan terlarang. Umumnya memang seseorang akan coba-coba lebih dulu baru setelah itu mengalami ketergantungan. Jadi bagaimana menuntaskan kecanduan narkoba ini secara alamiah?

1. Berniat STOP!

Semua sesuatu yang dimulai dengan niat tentu akan sukses, karenanya putuskan untuk stop menggunakan narkoba sebagai langkah pertama menuntaskan kecanduan. Tak dilema sekiranya kita tak sanggup melaksanakannya cuma sekali waktu saja. Tetapi penting untuk konsisten membuat tujuan dan memiliki niat agar hal stop dari narkoba dapat menjadi kongkrit.

2. Membuat daftar efek narkoba yang dinikmati secara jasmaniah

Apabila ada niat untuk stop, tentu ada sebabnya. Jadi mulailah membuat daftar perihal apa saja yang kiranya dinikmati secara jasmaniah selama Anda kecanduan narkoba. Perlu diketahui bahwa banyak orang menyerah saat menentukan untuk stop. Ini dikarenakan efek dari putus dengan narkoba berkebalikan dengan saat kita mengonsumsinya. Seumpama ialah tubuh bakal menikmati cepat lelah dan lemas selama tak mengkonsumsi narkoba. Sedangkan selama menggunakan, tubuh akan selalu bertenaga.

Sesudah mencoba stop dari narkoba, akan ada juga rasa kuatir dan kuatir yang melanda diri. Berbeda dari saat kita menerapkannya di mana hati akan selalu bahagia dan tanpa muatan. Catatan perlu dijadikan agar Anda sendiri dapat mengingat dan sadar betul apa yang telah narkoba perbuat. Anda juga akan menyadari narkoba telah memberikan apa saja pada tubuh Anda secara jasmaniah. Pada umumnya, ketergantungan narkoba akan memicu hal-hal ini: kerusakan kulit, gangguan pada gigi dan mulut, dilema pada organ jasmaniah lainnya, penuaan dini, dan penurunan berat badan. Karenanya jangan ragu-ragu sekiranya misal memang Anda menikmati hal tersebut. Tanpa pikir panjang, lantas masukkan ke dalam catatan.

3. Mencatat efek samping ketagihan narkoba

Satu lagi yang seharusnya dicatat, ialah efek bahaya yang diberi terhadap hidup Anda selama mengkonsumsi narkoba. Dengan membuat daftar akan efek samping atau risikonya, karenanya Anda akan secara otomatis terdorong untuk membuat perubahan perilaku. Membacanya kembali dan berulang-ulang akan memberikan semangat dan energi untuk stop dari narkoba. Seumpama dengan menuliskan hal-hal apa saja yang dirasa telah berubah dalam hidup.

4. Mencari bantuan

Sedangkan merasa kuat dan sanggup, para pecandu narkoba kebanyakan tentu tak akan dapat berjalan sendiri untuk stop dari kecanduan narkoba.Metode menghindari narkoba ialah dengan mencari bantuan, termasuk mendapat bantuan dari dokter. Berkonsultasi dengan ahlinya, seperti dokter spesialis kecanduan narkoba akan sungguh-sungguh menolong. Ini dikarenakan dokter tersebutlah yang akan menawarkan perawatan apa saja yang dapat dikerjakan untuk para pecandu yang berharap lantas stop. Pada umumnya, dokter akan menolong Anda untuk melaksanakan progres detoksifikasi. Sehingga segala sisa-sisa obat-obatan terlarang yang telah masuk ke dalam tubuh dapat dikeluarkan. Perawatan seperti ini perlu berada di bawah pengawasan ahlinya.

5. Berolahraga

Awalilah hidup benar dan sehat dengan melaksanakan olahraga secara terjadwal. Karena stop dari kecanduan narkoba dapat membuat Anda lebih mudah stres, karenanya jangan jadikan narkoba sebagai pelarian lagi. Mulailah berlatih untuk mengalihkan perhatian Anda terhadap olahraga. Bergabung di pusat kebugaran atau gym ialah solusi yang bagus. Tetapi sekiranya berharap melaksanakan latihan bersama pelatih pribadi pun tak dilema juga.

6. Seringkali bermeditasi

Kecanduan narkoba bukan hal remeh dan untuk stop pun tak semudah membalikkan telapak tangan karena selalu ada hambatannya. Bermeditasilah untuk membuat hati dan pikiran lebih tenang karena stres imbas tak lagi mengkonsumsi narkoba dapat acap kali muncul. Dikala meditasi, Anda akan lebih sanggup fokus pada kesadaran tubuh dan pernapasan tubuh. Cari saja tempat aman, tenang dan nyaman untuk duduk bersila. Kemudian lanjutkan dengan menutup mata dan berpusat pada pernapasan selama 10-15 menit. Tariklah napas dalam-dalam agar hati dan pikiran jauh dari kecemasan. Perhatian yang ditaruh sepenuhnya pada pernapasan akan membuat tubuh lebih rileks juga.

7. Meminta bantuan spesialis gizi

Ada banyak rujukan program gizi yang dapat dijumpai di sekitar kita. Umumnya program seperti ini pun ditawarkan lewat rumah sakit tempat atau kecamatan tempat tinggal kita. Tak ada salahnya menentukan sistem ini karena memang pada dasarnya, kita perlu mengembalikan kesehatan tubuh. Caranya ialah dengan mencukupkan gizi yang dibutuhkan tubuh lewat makanan sehat dan bergizi.

8. Menjauhi tempat dan lingkungan pecandu narkoba

Banyak kasus dan pengalaman para pecandu narkoba yang gagal untuk stop sempurna dari ketergantungannya. Dan ini dikarenakan masih bergaul dengan teman-teman pengguna narkoba. Atau bermain di area yang penuh dengan pemakai narkoba serta pecandu alkohol. Anda tak pernah tahu sekuat apa iman Anda. Apalagi menentukan untuk cuma stop dari narkoba melainkan tak putus relasi dengan lingkungan serta orang-orang tersebut. Dikala masih berhubungan dengan mereka, godaan akan mudah datang untuk kembali lagi sebagai pemakai narkoba. Ada baiknya juga untuk dimasukkan ke rumah rehabilitasi narkoba.

9. Menyibukkan diri dengan kesibukan positif

Orang-orang yang telah pernah kecanduan narkoba lalu sukses stop tak lantas menutup kemungkinan untuk kembali ke narkoba lagi. Jadi, sebisa mungkin sibukkan diri dengan melaksanakan beraneka kesibukan positif, seperti contohnya mengembangkan hobi baru. Ada banyak kesibukan mengasyikan sebagai sistem menghilangkan stres yang akan membuat waktu dan energi Anda lebih berharga, contohnya: berkebun, memancing, melaksanakan panjat tebing, bergabung dalam kelompok sosial pecinta alam, atau dapat juga mencari kelompok sosial-kelompok sosial lainnya cocok ketertarikan Anda selama itu positif. Asal tak ada kaitannya dengan narkoba ataupun minuman keras, Anda akan bagus-bagus saja.

10. Menguatkan iman

Kunci dari iman yang kuat ialah dengan banyak beribadah, berdoa dan mendekatkan diri dengan Tuhan. Apabila dulu Anda dapat kecanduan narkoba karena dilanda rasa stres dan obat-obatan menjadi pelarian terbaik Anda. Dikala ini seharusnya Tuhanlah yang menjadi pelarian utama segala dilema Anda. Melewati doa dan ibadah, hati akan lebih tenang. Dengan memperbanyak ibadah, baik di yayasan rehabilitasi narkoba Kristen, ataupun mungkin kepercayaan yang lain ini otomatis juga akan membuat hati jauh lebih ikhlas. Anda juga dapat sekalian belajar bersyukur akan apa saja yang telah didapatkan oleh Anda. Apa dilema yang dihadapi, selalu yakini bahwa Tuhan sayang terhadap tiap-tiap umatnya. Tak akan Tuhan memberikan cobaan melebihi batas kesanggupan umatnya. Mintalah ampun dan bantu agar Tuhan menolong memberikan energi untuk benar-benar lepas dari kecanduan narkoba.

(Putri Bulan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: