ODHA di Ternate Dapat Bantuan Modal Usaha

Sebanyak 10 orang anggota Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Maku Dudara di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, yang tergolong Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), mendapatkan bantuan modal usaha dari organisasi Clerry Cleffy Institute (CCI).
Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Pendiri dan Direktur CCI Dwi Prihandini secara simbolis kepada Sekretaris LKS Maku Dudara, Parman, di Ternate, Sabtu (24/8/2019).
“Bantuan yang kami berikan kepada komunitas ODHA di Ternate ini, dengan harapan mereka dapat berdaya dan mandiri, serta dapat mengaktualisasikan potensi mereka melalui modal usaha tersebut,” jelas Dwi Prihandini kepada Gatra.com.
Perempuan yang akrab disapa Dini ini mengungkapkan, meskipun jumlah bantuan modal usaha yang diberikan tidak terlalu besar, namun dia harapkan dapat merangsang anggota lainnnya di komunitas tersebut untuk lebih aktif.
“Masing-masing orang mendapat bantuan modal sebesar Rp.2.000.000. Semoga anggota lainnya juga dapat menjadi aktif untuk menyuarakan kesetaraan Hak Asasi Manusia sebagai ODHA,” imbau Dini.
Dini juga mengungkapkan, kedepan pihaknya berencana untuk memberikan beasiswa kepada Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA) serta anak-anak dengan orang tua ODHA.
“Beberapa bulan sebelum kegiatan CCI pada hari ini, saya melalui perwakilan Rumah Beta Maluku (organisasi di Maluku yang konsen pada isu HIV/AIDS), telah berkomunikasi dengan rekan-rekan komunitas ODHA di Ternate. Dan yang saya dapatkan datanya bahwa mereka mengalami kondisi yang tidak jauh berbeda dengan Rumah Beta Maluku yang pernah kami berikan bantuan sebelumnya,” terang Dini.
Menurut dia, komunitas ODHA di Ternate mengalami keterbatasan finansial untuk melakukan kegiatan-kegiatan mereka.
“Sebab itu saya berpikir, karena CCI konsen terhadap isu anak dan kaum marjinal, sehingga teman-teman di Ternate juga menjadi perhatian saya dan CCI,” tegasnya.
Dini mengungkapkan, pada awal Desember, CCI akan memgajak lima orang perwakilan orang komunitas ODHA di Ternate untuk hadir dalam acara launching buku di Ambon.
“Pada tanggal 1 Desember 2019, CCI bersama Rumah Beta Maluku akan launching buku pertama kami terkait suara-suara ODHA di Maluku. Dan saya mengajak lima orang ODHA dari Ternate untuk hadir bersama kami di sana,” ujarnya.
Sumber : GATRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: