Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bagi Penderita HIV

Bila Anda memiliki HIV, obat-obatan modern dapat membantu jika Anda jatuh sakit, tetapi sebagian besar itu bergantung pada apakah Anda mempertahankan kesehatan yang baik. Jika Anda menginginkan kesehatan yang baik, tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan solusi alami terbaik berikut yang ditemukan dalam makanan, tanaman herbal, gaya hidup, dan suplemen. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berhentilah merokok

Merokok akan membunuh sel darah putih dan berbagai enzim dalam darah, melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Merokok untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan kemudian mengurangi oksigen dalam darah, membatasi asupan sel darah merah Anda. Akibatnya, tubuh tidak dapat mengandalkan sel darah putih untuk membantu mencukupi asupan, yang mana menciptakan penurunan pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Kurangilah stress

Ketika Anda stress, kelenjar adrenal Anda memproduksi epinerphine dan kortisol dalam jumlah besar. Sementara stress akut menekan sistem kekebalan tubuh, stress yang berkepanjangan membebani dengan paksa sistem tersebut. Misalnya, stress psikologis meningkatkan risiko pilek dan virus lainnya. Bagaimanapun, dengan berkurangnya stress membantu Anda untuk berpikiran lebih positif dan memiliki lebih banyak energy untuk aktivitas sehari-hari.

Tidur cukup

Tidur merupakan waktu untuk Anda memulihkan energi setelah berkegiatan. Ketika Anda mengalami kurang tidur yang mengaktifkan respon stress, Anda berisiko mengalami fungsi imun yang tertekan dan meningkatkan zat kimia inflamasi.

Pastikan Anda menerapkan sejumlah metode untuk dapat tidur nyenyak. Anda dapat berolahraga ringan atau bersantai sebelum tidur dengan mendengarkan music atau melatih pernapasan.

Lebih bersosialisasi

Orang yang memiliki kehidupan sosial yang lebih kaya memiliki kesehatan dan usia yang lebih panjang daripada yang dimiliki penyendiri. Anda dapat berpikiran bahwa dengan berinteraksi dengan lebih banyak orang, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mempelajari hal baru.

Jangan hanya tinggal di dalam rumah. Beranikanlah diri untuk berbagi kisah Anda dengan orang lain. Cara yang paling sederhana adalah dengan mencari organisasi sosial di mana terdapat banyak orang yang memiliki penyakit seperti Anda. Anda akan mendapatkan pengertian dan rasa berbagi dari masyarakat.

Terapkanlah diet sehat dan berolahragalah

Anda dapat mulai dengan diet yang seimbang dan sehat dengan banyak buah-buahan dan sayuran, gandum, dan protein tanpa lemak. Makanan yang baik adalah obat yang baik. Hal tersebut membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda berada dalam kondisi terbaik dan memberikan Anda banyak energi dengan banyak nutrisi yang baik, yang mana dapat mencegah penyebab penyakit-penyakit lain. Seiring dengan diet, Anda harus menjalani program olahraga. Konsultasikanlah pada dokter mengenai program yang sesuai untuk Anda. Berjalan kaki, bersepeda, berenang, aerobik, dan yoga merupakan olahraga yang paling baik untuk Anda pada tahap awal. Anda dapat mencoba latihan beban pada tahap berikutnya.

Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan bantuan orang lain. Maka dari itu, tidak ada yang perlu ditakuti mengenai penyakit Anda. Dengan keberanian, bersikap baik dan tetap berpikiran positif akan membantu Anda menjalani kehidupan dengan bahagia.

Sumber : hellosehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: