Pelita Desa : Ajang asah keberanian dan kemandirian!

Pelita Desa merupakan salah satu Pos Desa di bawah naungan Yayasan Pelita Ilmu, terletak di Jl. H. Miing Rt 01/03 Rawa Bangsa Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Dengan lahan seluas 2,5 hektar dimana hampir 50% merupakan area pesawahan dan rawa. Dengan lahan seluas ini pelita desa mempunyai program -program yang dengan basis sosial untuk masyarakat sekitar.

 

Adapun program-program yang ada di Pelita Desa antara lain : PKBM Pelita Desa,Outbound Pelita Desa, Kewirausahaan Masyarakat, Environment Building.

PKBM Pelita Desa berdiri sejak 02 Februari 2002, dengan latar belakang banyaknya remaja (usia sekolah) yang putus sekolah (dari kalangan tidak mampu) dan adanya anggapan masyarakat bahwa “wanita tidak perlu sekolah tinggi karena akhirnya akan sibuk dengan urusan dapur” sehingga sampai saat inipun para pelajar di PKBM Pelita Desa hampir 75% adalah wanita…

Di dalam teknis pelaksanaannya PKBM Pelita Desa tidak memungut biaya sepeserpun kepada para siswanya karena para siswa yang direkrut ataupun bergabung dengan sendirinya merupakan siswa dari kalangan tidak mampu.

Pada awalnya kegiatan ini di support langsung baik materi maupun non materinya dari Yayasan Pelita Ilmu. Dikarenakan minimnya anggaran operasional yang ada dari Yayasan Pelita Ilmu maka untuk memenuhi kebutuhan biaya operasional dari PKBM Pelita Desa maka pada akhir tahun 2005 para pengurus yang ada di Pelita Desa membuat wahana untuk wisata edukasi.

Wahana Wisata Edukasi ini (yang kemudian populer dengan sebutan Outbound Pelita Desa) mempunyai target pasar dari kalangan sekolah baik dari Playgroup, TK, SD, SMP, SMU maupun Universitas.

Dari kegiatan Outbound inilah Pelita Desa berkembang dengan dukungan dari para siswa/siswi PKBM Pelita desa itu sendiri karena untuk mendampingi para peserta outbound mereka dijadikan sebagai Instruktur dalam memimpin permainan – permainan yang ada dan setelah selesai kegiatan outboundnya sore hari mereka belajar sebagaimana mestinya.

Menjadi Instruktur Outbound para siswa/siswi yang ada mendapatkan penghasilan sehingga mereka mampu meringankan beban biaya dari keluarganya sendiri.

Selain PKBM Pelita Desa kami juga mempunyai dampingan anak -anak yatim dan Duafa sebanyak ± 200 orang, setiap minggu kami memberikan santunan dengan syarat mereka masih bersekolah di tingkat dasar (SD).

Anak – anak Yatim dan Duafa pun terkadang mendapatkan pelajaran dari siswa/siswi PKBM Pelita desa hal ini dimaksudkan agar para siswa/siswi PKBM Pelita Desa mulai terbiasa dengan aktifitas berbagi ilmu dengan sesamanya.

Seiring dengan berkembangnya PKBM Pelita Desa dan Outbound Pelita Desa hubungan kerjasama tidak hanya melibatkan para siswa tetapi sudah meluas dari orang tua siswa sampai mayarakat sekitar sehingga kebutuhan tenaga kerja pun semakin tinggi akhirnya kamipun merekrut orang tua siswa, ibu – ibu janda dan duafa untuk mensupport kegiatan dari Outbound Pelita Desa.

Dari kerjasama simbiosis mutualisme inilah Pelita Desa semakin berkembang hingga saat ini. Di setiap kegiatan yang ada merupakan pembelajaran bagi kami semua baik bagi kami sendiri maupun masyarakat yang terlibat langsung dengan Pelita Desa.

(Sumber : Pelita Desa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *