Berkumpul dan Bergerak Bersama dalam Raker Pelita Desa

Bertempat di Villa Ciomas, Bogor pada tanggal 19 – 20 November 2018 yang lalu, Pelita Desa dan Mitra melakukan kegiatan Rapat Kerja bersama, untuk merumuskan tantangan dan rencana ke depan. Berikut beberapa rangkuman dari Raker yang telah berlangsung selama 2 hari tersebut.

Edu 1 Pelita Desa

Perkembangan Edu 1 sampai saat ini cukup baik, dimana jumlah pengunjung rata-rata mencapai 20.000 orang per bulannya. Dari hasil yang didapat menurut rencana, 1/3 dari hasil itu akan dialokasikan untuk pengembangan dan kesejahteraan SDM yang terlibat, lalu 1/3 lagi akan diinvestasikan untuk diversifikasi program kegiatan untuk pemasukan ke depan, dan yang 1/3 lagi untuk sedekah, dalam bentuk kegiatan/program yang dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Edu 2 Pelita Desa

Laporan jumlah pengunjung Edu 2 hingga saat ini rata-rata mencapai 4000 orang pengunjung perbulan, dan saat ini sudah masuk ke tahap kemandirian. Salah satu kegiatan unggulan adalah aktivitas Produksi Tahu untuk umum/home industry, jadi tidak hanya sekedar edukasi tapi akan dapat dikembangkan hingga menjadi bisnis franchise yang menjanjikan. Untuk tantangan saat ini di Edu 2 adalah bagaimana melakukan kegiatan wisata yang tidak terlalu menimbulkan menimbulkan suara bising/polusi suara. Untuk rencana ke depan Edu 2 akan merubah sistem wisata dari rombongan ke per orangan.

Edu 3, Minapark & SMA Plus Pewaris Peradaban

Program kegiatan yang ada di Edu 3 saat ini meliputi Sekolah Peradaban, Rumah Makan Saung Sultan, Outbound Training, dan UMKM seperti Toko Ikan, Bengkel, dll. Khusus untuk Sekolah peradaban memiliki berapa kegiatan unggulan antara lain Penyaluran Beasiswa SD dan SMA, Bimbingan Belajar dan Kursus Kerampilan (IT, Desain Web, Stir Mobil).

Peluang dan tantangan yang kini dihadapi adalah mengenai status tanah, dimana status tanah HGU berakhir tanggal 2022 sehingga perlu persiapan perpanjangan HGU. Lalu Infrastruktur, perlu penambahan Infrastruktur seperti MCK, Lapangan bermain, ruang pertemuan remaja, taman bermain anak. Untuk Pengembangan SDM, adanya keberagaman latarbelakang komunitas menyebabkan makin beragamnya kebutuhan dimana nantinya kami akan seringkali mengadakan pelatihan, seminar dan studi banding. Dan pengembangan jaringan, kita membutuhkan jaringan yang luas untuk menjadi central ciseeng baik ke pemerintahan swasta maupun negeri. Oleh karena itu diperlukan pembentukan Yayasan Minapolitan, berkoordinasi dengan lembaga keuangan.

Edu 4, Telaga Rusa Cibentang

Saat ini Edu 4 tengah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur antara lain pembangunan danau yang terletak di bawah lokasi arena flying fox. Lalu pembuatan kolam bermain untuk anak-anak serta pengembangan lahan pertanian dan melakukan kerjasama dengan pihak lain di bidang pertanian dan perkebunan.Tantangan yang dihadapi adalah perlu ditambahkan berbagai properti permainan, dan masih memerlukan lebih banyak SDM yang berkualitas dan berintegritas. Rencana ke depan akan dilakukan penambahan wahana wisata yaitu wisata Offroad dan motor cross. Lalu pengembangan lahan pertanian, Penambahan SDM dari remaja sekitar dan Pesantren, perluasan pangsa pasar untuk produk hasil pertanian serta sedang direncanakan pembuatan lahan untuk para pedagang UMKM di lokasi Edu 4. Saat ini Telaga Rusa dikomandoi oleh Ust. Yahya.

Edu 5 Villa Ciomas

Adapun berbagai aktivitas dan pembangunan yang telah dilakukan antara lainĀ pembuatan Flying Fox sedang berproses, persiapan Wahana Hidroponik yang saat ini masih terus berlangsung, penggalian sumur bor dan pemasangan pompa, kegiatan penanaman padi untuk pembenihan dimana benih dan pupuk diberikan oleh Edu 4. Lalu kegiatan penanaman sayuran, meliputi timun dan kacang panjang. Untuk bidang perikanan telah dilakukan pemmbelian ikan bawal dan proses pemeliharaannya telah dimulai. Sedangkan untuk pemeliharaan bangunan, telah dibuat saluran air baru untuk toilet, penggantian keran air dan lampu serta pembuatan papan tulis permanen. Selain itu juga akan diadakan perbaikan pintu toilet dan aktivitas pengecatan. Semua kegiatan ini dibawah koordinasi Ust. Beta.

Selain berdiskusi, peserta RAKER juga melakukan penjelajahan seru!

 

Mitra Pelita Desa

Saung Padi, Pangandaran

Saat ini sedang dilakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan Saung Padi pada warga, dan karang taruna setempat. Lalu aktivitas pengelolaan Cijulang Permai sebagai area camping khususnya dalam pengadaan kamar mandi. Saung padi juga mempromosikan serta mengundang sekolah setempat dan warga untuk datang ke Saung Padi secara gratis. Selain itu dilakukan pula kerjasama dengan pihak pengelola Body Rafting Citumang. Selain kegiatan di Saung Padi, teman-teman juga melakukan penggarapan lahan tidur yang tidak produktif di kampung halaman Banjar untuk ditanami cabe, tomat,dll. Tantangan yang dihadapi adalah perlu upaya pendekatan kepada preman/penguasa wilayah setempat serta masih butuh banyak suntikan dana untuk pembangunan fasilitas wisata serta dapur yang memadai di Saung Padi. Serta butuh materi promosi, dll.

Pelita Belitong

Teman-teman di Pulau Belitong saat ini telah melakukan acara peresmian dan syukuran di lokasi Pelita Desa Belitung pada tanggal 28 Oktober 2018. Di bidang pertanian telah dimulai penanaman bebarapa jenis sayuran seperti : Tomat, Kangkung, Bayam, Cabai, Terong, dll. Sedangkan dalam bidang SDM, saat ini sedang mencari dan mengembangkan sumber daya manusia dari putra-putri asli Belitong. Juga ada kegiatan penanaman pohon kurma serta pembuatan taman. Untuk hambatan, saat ini masih sangat dibutuhkan alat-alat dan fasilitas pendukung pertanian, alat-alat membuat kue, kesenian, perikanan, peternakan, outbond, perlengkapan camping, fasilitas bimbel, tahfidz Qur’an, dan rumah makan serta masih membutuhkan dana untuk semua program kegiatan.

Rencana ke depan, akan dibuat Koperasi Pelita Desa (sebagai wadah untuk memfasilitasi UKM yang ada, lalu mendirikan rumah Tahfidz Qur’an, mengadakan Bimbingan Belajar, persiapan area Camping Ground, mendirikan perkebunan lada, keremunting, dan buah-buahan (rambutan, jeruk kunci, lemon, lengkeng, manggis, durian, dll). Ke depan juga akan dibangyn Rumah Makan Khas Belitung, kegiatan ternak ayam, kegiatan jual beli ikan secara langsung dengan nelayan, mengadakan Pasar Rakyat, serta mengembangkan potensi Wisata, Outbound, dan Pertunjukan Seni (Tari, Teater, Musik).

Desa Nglorog, Temanggung

Saat ini telah dilakukan kegiatan pemberdayaan dalam bentuk kegiatan usaha peternakan ayam, sapi dan kambing, juga kegiatan pertanian dan pembuatan warung hidup. Selain itu juga telah diadakan les gratis untuk anak-anak pra sejahtera, santunan anak yatim, serta kegiatan-kegiatan yang memotivasi remaja untuk bisa mandiri. Rencana ke depan antara lain akan dilakukan pengembangan peternakan ayam pejantan dan ayam kampung unggulan Balitnak (Breeder). Lalu merambah ke rempah-rempah, dimana permintaan dari luar negeri cukup banyak, namun masih ada keterbatasan sumber saya alam dan modal. Kemudian, kopi. Kopi Temanggung sangatlah terkenal dan dapat menjadi komoditas utama namun masih terkendala dalam hal pemasaran dan modal.

Desa Teratau, Kalimantan Selatan

Kegiatan teman-temaan di desa Teratau yang sedang dikerjakan adalah mengadakan aktivitas wisata Toubing, Bambu Rafting, serta Rafting dengan perahu karet. Merancang kegiatan camping ground dan aktivitas susur sungai, serta peremajaan spot selfi di Bukit Karamo dengan melibatkan pengelola bukit karamo. Selain itu juga, akan mengadakan sarana home stay untuk wisatawan.

Ada beberapa kendala yang dihadapi, antara lain debit air yang berkurang jika datang musim kemarau, minimnya pengetahuan pengelola tentang kegiatan outbound. masih kurangnya dana untuk pembangunan fasilitas tempat wisata, serta kurangnya tenaga pemandu wisata. Ke depan kegiatan wisata akan lebih ditingkatkan dengan melibatkan remaja demi untuk mengurangi pengangguran di Desa Teratau.

Acara RAKER ditutup dengan pesta nasi liwet yang rasanya nikmatttttt!

Konawe, Sulawesi Tenggara

Kegiatan di Konawe masih di seputar pengecekan lahan dan pemenuhan syarat administrasi lahan yang terletak di Desa Andabia, Kec. Anggberi, Kab. Konawe, Sulawesi Tenggara. Masih terus dilakukan pengecekan legalitas tanah, proses pembelian dan pembayaran lahan. Untuk kegiatan pemberdayaan remaja dan masyarakat Konawe diarahkan pada 2 kegiatan usaha, yaitu usaha kayu dan madu. Saat ini sudah berjalan dan sedang melakukan promosi semaksimal mungkin.

* * * * *

Pelita Desa dan Mitra kini makin bersinergi dalam mengembangkan potensi-potensi baru di wilayah kerja mitra yang dirasa dapat memberdayakan masyarakat setempat hingga dapat menjadikan remaja menjadi mandiri dan mampu menciptakan inovasi untuk memajukan desanya. (wan)