7 Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Kehilangan semangat dalam bekerja bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pebisnis.

Semangat yang menurun bisa terjadi akibat kondisi bisnis yang sedang lesu, Anda sedang jenuh di kantor, Anda sedang mengalami stres kerja, atau Anda sedang malas karena baru selesai liburan.

Apapun penyebabnya, Anda harus segera mengatasinya. Anda tidak boleh membiarkan motivasi hilang dari dalam diri Anda, karena akan membuat bisnis Anda terpuruk dan berantakan.

Untuk itu, berikut cara mengembalikan semangat kerja yang bisa dilakukan agar Anda kembali bergairah dalam bekerja.


7 Cara Membangkitkan Semangat dalam Bekerja

1. Jangan Biarkan Keadaan Menguasai Anda

gambar: careerbuilder.com

Mood yang sedang tidak baik dapat membuat Anda kehilangan passion atau gairah untuk melakukan sesuatu. Anda jadi kewalahan dan merasa tidak sanggup lagi menjalankan pekerjaan Anda.

Namun, Anda sendiri yang paling berkuasa atas diri Anda. Anda harus mengontrol moodAnda. Jangan biarkan keadaan yang tidak baik mempengaruhi Anda untuk tidak bersemangat dalam bekerja.

 

2. Kerjakan Tugas yang Ringan Dulu

gambar: entrepreneur.com

Ada banyak pekerjaan yang harus dibereskan. Ini membuat Anda semakin tertekan, karena semangat Anda mulai berkurang.

Solusinya, coba kerjakan tugas yang ringan duluan untuk mengumpulkan semangat yang mulai kendor. Kecuali, jika ada tugas berat yang mendesak dan mendekati deadline, maka fokuslah menyelesaikannya terlebih dahulu.

Baru kemudian, mulailah mengerjakan tugas yang ringan. Setelah itu, lanjut ke tugas yang lebih berat. Pilahlah tugas yang berat dan ringan dengan bijaksana.

 

3. Ingat Lagi Tujuan Anda

Mengingat tujuan dapat menjadi cara membangkitkan semangat yang mulai rapuh. Anda akan termotivasi lagi untuk mengejar kesuksesan yang belum tercapai.

Maka dari itu, ingatlah kembali goals yang ingin dicapai. Apa visi dan misi Anda saat menjalankan bisnis. Ini akan mendorong Anda untuk kembali bergerak maju demi mewujudkan impian Anda.

 

4. Jangan Memperbesar Masalah

Ada masalah sepele yang sebaiknya tidak Anda urusi. Hindari memperbesar masalah kecil, karena akan membuat Anda bertambah stres dan akhirnya tidak semangat dalam bekerja.

Ingat, Anda memiliki tim kerja yang bisa diandalkan. Jangan membuat semua masalah seolah menjadi beban Anda. Bagikan juga dengan bawahan Anda agar setiap masalah dapat diselesaikan bersama-sama.

 

5. Tetap Berpikir Positif

gambar: smallbiztrends.com

Apapun usaha yang coba dilakukan akan sia-sia jika Anda cenderung berpikiran negatif. Hasil pekerjaan Anda jadi tidak maksimal karena pikiran yang buruk mempengaruhi cara kerja Anda.

Untuk itu, tetaplah berpikir positif apapun kondisi yang dialami. Berhenti menghakimi diri sendiri dan menyalahkan orang lain. Namun, fokuslah memperbaiki hal yang bisa dilakukan berikutnya.

 

6. Mensyukuri Hal-hal Kecil

Saat Anda sedang down, Anda cenderung mengeluh dan akhirnya membuat semangat menurun. Anda tidak menyadari kebaikan-kebaikan kecil yang terjadi dalam hidup Anda.

Padahal, bersyukur dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. Tindakan Anda pun ikut menjadi positif karena Anda tahu akan ada banyak hal baik lainnya yang akan terjadi di kemudian hari.

 

7. Menenangkan Diri Setelah Bekerja

Tekanan kerja mungkin membuat Anda jadi kewalahan dan tidak bergairah. Setelah bekerja seharian, maka ambillah waktu yang cukup untuk menenangkan diri.

Penting membuat diri menjadi tenang agar Anda bisa lebih rileks menghadapi masalah. Untuk itu, lakukan hal yang membuat Anda nyaman untuk mengumpulkan kekuatan dalam diri Anda.


Nah, itulah cara-cara membangkitkan semangat kerja yang mulai kendor. Ada kalanya Anda akan mengalaminya. Namun, segeralah mengembalikan motivasi yang hilang tersebut, sehingga bisnis Anda bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sumber : entrepreneurcamp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: